Minggu, 10 Februari 2013

Laporan Perjalanan Study Tour ke Bandung

TUGAS BAHASA INDONESIA
LAPORAN PERJALANAN STUDY TOUR KE BANDUNG

“PANORAMA KOTA KEMBANG”






Disusun oleh:     1. Miftahudin
2. Rosyid Ibnaeni







MA MUHAMMADIYAH LIMPUNG
Jalan Cokronegoro nomor 34 Limpung
TAHUN PELAJARAN 2012/2013


HALAMAN PENGESAHAN
LAPORAN PERJALANAN STUDY TOUR KE BANDUNG

“PANORAMA KOTA KEMBANG”




Disusun oleh:    
1. Miftahudin
     2. Rosyid Ibnaeni



Telah Disetujui dan Diperiksa Untuk Memenuhi Persyaratan Mengikuti Ujian Praktek Bahasa Indonesia Kelas XII IPS MAM Limpung Tahun Ajaran 2012/2013.

Pembimbing 1




Eri Miarto S.Pd

Mengetahui:
Kepala sekolah




H. Zaenudin S.Pd.










LAPORAN PERJALANAN STUDY TOUR KE BANDUNG

“PANORAMA KOTA KEMBANG”



MOTTO

“Education is what remains after one has forgotten what one has learned in school.”
 (Albert Einstein)


“Sesungguhnya masa muda dan kekosongan dan kekayaan adalah perusak dari segala kerusakan bagi seseorang”


“Dengan berwisata kita nikmati kebesaran-Nya”
(Miftahudin)

“Bertebaranlah kamu sekalian di muka bumi, dan jadilah kita sekalian insan
Yang UlilAlbab”

( RosyidIbnaeni)


























Kata Pengantar


Salam sejahtera,
    Pertama-tama marilah kita ucapkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWTkarena berkat rahmat dan karuniaNya kita berhasil menyelesaikan Laporan Perjalanan Study Tour kelas XII IPS MAM Limpung ke Bandung Tahun Pelajaran 2012/2013.
  

    Dalam laporan ini kami akan menjelaskan tentang perjalanan dan kegiatan serta tempat yang menjadi tujuan Study Tour.


    Lewat laporan ini juga kami akan mengucapkan terima kasih khususnya kepada Bapak/Ibu guru MA Muhammadiyah Limpung yang telah mendampingi kami dalam kegiatan Study Tour ,serta semua pihak yang telah membantu kami sehingga kegiatan Study Tour ini dapat berjalan dengan baik.







Limpung, 24 Januari 2013

Penyusun




 Miftahudin dan Rosyid. I










    DAFTAR ISI
    HALAMAN JUDUL    1
    HALAMAN PENGESAHAN    2
    MOTTO    3
    KATA PENGANTAR    4
    DAFTAR ISI    5

    BAB I

    LATAR BELAKANG MASALAH    6
    IDENTIFIKASI MASALAH    6
    RUMUSAN MASALAH    6
    TUJUAN LAPORAN PERJALANAN WISATA    6
    MANFAAT LAPORAN PERJALANAN WISATA    6
    METODE PENULISAN LPW    6

    BAB II

    PENGERTIAN PENDIDIKAN    7
    PENGERTIAN WISATA    8
    PENGERTIAN WISATA PENDIDIKAN    8
    BANDUNG    9

    BAB III

    IPTEK SUBANG    11
    MUSEUM KAA    12
    TANGKUBAN PERAHU    13
    CIBADUYUT    14

    BAB IV

    KESIMPULAN    15
    SARAN    15

    DAFTAR PUSTAKA    16

    LAMPIRAN    17






BAB I
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG MASALAH
   
    Kelas XII IPSMA Muhammadiyah Limpung mengadakan study tour ke Bandung untuk menambah wawasan pengetahuan yang lebih banyak. Selama ini siswa hanya mendapat pengetahuan dari sekolah, dan banyak dari siswa yang tidak mengerti tentang sesuatu. Bisa kita  ambil contoh,siswa yang hanya mendapatkan pelajaran sejarah tapi itu hanya dari guru namun mereka belum melihat sejarahnya langsung, dan dengan di adanya study tour ke bandung yang khsususnya merupakan kota sejarah akan lebih menambah pengetahuan siswa.

B.    IDENTIFIKASI MASALAH

Pentingnya di adakan kegiatan study tour kebandung untuk menambah pengetahuan siswa.

C.    RUMUSANMASALAH

1.    Apa kota bandung itu?
2.    Bagaimana deskrips igedung IPTEK itu?
3.    Bagaimana deskripsi gedung KAA?
4.    Bagaimana deskripsi objek wisataTangkuban Perahu?
5.    Bagaimana deskripsi pusat perbelanjaan Cibaduyut?
6.   
D.    TUJUAN LAPORAN PERJALANAN

Untuk menambah wawasan dan pengetahuan siswa mengenai kota Bandung dan objek-objek wisata sejarah maupun rekreasi di Kota Kembang.

E.    MANFAAT LAPORAN PERJALANAN

1.    Menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.
2.    Mengenalkan siswa dengan kota Bandung.
3.    Memberi pengalaman berkunjung ke Bandung.
4.    Untuk melihat keindahan karya Allah SWT.
5.    Menguatkan ukhuwah islamiyah antar siswa dan guru.

F.    METODE PENULISAN LAPORAN PERJALANAN WISATA

1.    Observasi yaitu melakukan pengamatan langsung di Bandung.
2.    StudiPustaka yaitu penulis mengambil data-data dari buku yang masih ada hubungannya dengan topic permasalahan.
3.    Dokumentasi yaitu mencari data dari dokumen-dokumen untuk mendapatkan informasi 9tentangkota Bandung.




BAB II
Pengertian Pendidikan
A.    Pada dasarnya pengertian pendidikan ( UU SISDIKNAS No.20 tahun 2003 ) adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.
B.    Menurut kamus Bahasa Indonesia Kata pendidikan berasal dari kata ‘didik’ dan mendapat imbuhan ‘pe’ dan akhiran ‘an’, maka kata ini mempunyai arti proses atau cara atau perbuatan mendidik. Secara bahasa definisi pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusiamelalui upaya pengajaran dan pelatihan.
C.    Menurut Ki Hajar Dewantara (Bapak Pendidikan Nasional Indonesia) menjelaskan tentangpengertian pendidikan. Pendidikan yaitu tuntutan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak, adapun maksudnya, pendidikan yaitu menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak itu, agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapatlah mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya.
D.    Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan atau latihan bagi peranannya di masa yang akan datang.
E.    Menurut UU No. 20 tahun 2003 Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan Negara.
F.    Sedangkan pengertian pendidikan menurut H. Horne, adalah proses yang terus menerus (abadi) dari penyesuaian yang lebih tinggi bagi makhluk manusia yang telah berkembang secara fisik dan mental, yang bebas dan sadar kepada vtuhan, seperti termanifestasi dalam alam sekitar intelektual, emosional dan kemanusiaan dari manusia.
G.    Dari beberapa pengertian pendidikan menurut ahli tersebut maka dapat disimpulkan bahwa Pendidikan adalah Bimbingan atau pertolongan yang diberikan oleh orang dewasa kepada perkembangan anak untuk mencapai kedewasaannya dengan tujuan agar anak cukup cakap melaksanakan tugas hidupnya sendiri tidak dengan bantuan orang lain.







Pengertian Wisata
Menurut Soetomo (1994:25) yang di dasarkan pada ketentuan WATA (World Association of Travel Agent = Perhimpunan Agen Perjalanan Sedunia), wisata adalah perjalanan keliling selama lebih dari tiga hari, yang diselenggarakan oleh suatu kantor perjalanan di dalam kota dan acaranya antara lain melihat-lihat di berbagai tempat atau kota baik di dalam maupun di luar negeri.
Pengertian Wisata Pendidikan
   
             Wisata Pendidikan merupakan suatu program yang menggabungkan unsur kegiatan wisata dengan muatan pendidikan didalamnya. Program ini dikemas sedemikian rupa menjadikan kegiatan wisata tahunan atau kegiatan ektrakulikuler memiliki kualitas dan berbobot. Materi-materi dalam pemanduan telah disesuaikan dengan bobot siswa dan kurikulum pendidikan. Setiap kali mengunjungi obyek wisata akan disesuaikan dengan ketertarikan obyek dan bidang ilmu yang akan dipelajari.









BANDUNG

Kota Bandung (kotamadya) adalah ibu kota provinsi Jawa Barat. Kota Bandung secara geografis terletak antara 107 Bujur Timur and 6 55 Lintang Selatan. Wilayah Kota Bandung sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Bandung, sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Bandung, sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Bandung sedangkan sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Bandung. Luas wilayah Kota Bandung 167,45 km2 dan terbagi menjadi dua puluh enam kecamatan.

    Lima PTN yakni Universitas Padjajaran, Institut Teknologi Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia Bandung, IAIN dan STIA-LAN. Ditambah sekitar 40 PTS dari berbagai strata, mulai dari program 3 sampai program S3, Bandung merasa sah menyebut dirinya sebagai pusat kegiatan pendidikan tinggi.

    Kegiatan perdagangan, hotel dan restoran, menjadi sandaran struktur ekonomi kota. Kegiatan perdagangan yang memberi andil terbesar bagi perputaran ekonomi kota ini ditunjang oleh 47 lokasi pasar tradisional dan 23 pertokoan di 16 kecamatan.
Selain perdagangan, industri pengolahan menjadi andalan kedua yang menghasilkan. Hasil utama kegiatan industri ini adalah tekstil dan pakaian jadi. Selain dipasarkan melalui factory outlet yang marak di seluruh penjuru Kota Bandung, Produk ini menjadi salah astu komoditas ekspor unggulan. Produk lain yang diekspor adalah alat elektronika seperti kotak amplifier, trafo, dan parabola yang dibuat di gang-gang sempit wilayah Kebongedang.

    Terletak di dataran tinggi, Bandung dikenal sebagai tempat yang berhawa sejuk. Hal ini menjadikan Bandung sebagai salah satu kota tujuan wisata. Predikat sebagai pusat kegiatan kebudayaan dan pariwisata disandang karena kota ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Objek wisat yang ditawarkan terdiri dari wisata belanja, wisata hiburan, dan wisata budaya.

    Untuk sektor transportasi, Kota Bandung memiliki sebuah bandara internasional, yaitu Bandara Husein Sastranegara yang menghubungkan Bandung dengan kota-kota lainnya di Indonesia dan juga Kuala Lumpur di Malaysia. Bandung juga mempunyai dua stasiun kereta api, yaitu Stasiun Bandung yang setiap harinya melayani rute Bandung-Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, dan Semarang untuk kelas Bisnis dan Eksekutif dan Stasiun Kiaracondong untuk Kelas Ekonomi. Prasarana jalan di kota Bandung, antara lain, Jembatan Pasupati yang menghubungkan bagian utara dan timur Kota Bandung..
    Pada tahun 1990 kota Bandung menjadi salah satu kota paling aman di dunia berdasarkan survei majalah Time.
    Kota kembang merupakan sebutan lain untuk kota ini, karena pada jaman dulu kota ini dinilai sangat cantik dengan banyaknya pohon-pohon dan bunga-bunga yang tumbuh di sana. Selain itu Bandung dahulunya disebut juga dengan Parijs van Java karena keindahannya. Selain itu kota Bandung juga dikenal sebagai kota belanja, dengan mall dan factory outlet yang banyak tersebar di kota ini, dan saat ini berangsur-angsur kota Bandung juga menjadi kota wisata kuliner. Dan pada tahun 2007, British Council menjadikan kota Bandung sebagai pilot project kota terkreatif se-Asia Timur. Saat ini kota Bandung merupakan salah satu kota tujuan utama pariwisata dan pendidikan.


























BAB III

GEDUNG IPTEK

Puspa Iptek terletak di dalam kompleks Kota Baru Parahyangan, sebuah kawasan perumahan yang mempunyai visi sebagai Kota Mandiri Berwawasan Pendidikan. Keberadaan Puspa Iptek di dalam kawasan kota mandiri ini sangat mendukung visi tersebut, dan berfungsi sebagai obyek pendidikan non formal yang interaktif.

Puspa Iptek Sundial dilihat dari udara. Foto: koleksi thebigsundial.com


Senin tanggal 24 Juli 2012 pukul 19.30 WIB kami berangkat dari MAM Limpung sampai di sana kurang lebih pukul 05.00 WIB di RM Simpang Raya, Sumedang. Kami berangkat ke Gedung Iptek seusai shalat subuh, istirahat sejenak, mandi, dan sarapan pagi dan itu menunjukan pukul 07.00 WIB.
Sampai di gedung IPTEK pukul 08.00 WIB dikarenakan jalan macet. Di sana kami bermain dan belajar dengan sungguh-sungguh. Banyak pelajaran yang kami dapatkan meskipun sebenarnya kunjungan ini lebih khusus untuk siswa jurusan IPA.








MUSEUM KAA


Museum Konferensi Asia Afrika merupakan salah satu museum yang berada di kota Bandung. Terletak di Jl.Asia Afrika No.65. Museum ini merupakan memorabilia Konferensi Asia Afrika.
Museum ini memiliki hubungan yang sangat erat dengan Gedung Merdeka. Secara keseluruhan Gedung Merdeka memiliki dua bangunan utama, yang pertama disebut Gedung Merdeka sebagai tempat sidang utama, sedangkan yang berada di samping Gedung Merdeka adalah Museum Konferensi Asia Afrika sebagai tempat memorabilia Konferensi Asia Afrika.
Latar belakang dibangunnya museum ini adalah adanya keinginan dari para pemimpin bangsa-bangsa di Asia dan Afrika untuk mengetahui tentang Gedung Merdeka dan sekitarnya tempat Konferensi Asia Afrika berlangsung. Hal ini membuat Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Prof. Dr. Mochtar Kusumaatmadja, S.H., LL.M memiliki ide untuk membangun sebuah museum. Ide tersebut disampaikannya pada forum rapat Panitia Peringatan 25 tahun Konferensi Asia Afrika (1980) yang dihadiri oleh Direktur Jenderal KebudayaanProf. Dr. Haryati Soebadio sebagai wakil dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kemudian museum ini diresmikan pada tanggal 24 April1980 bertepatan dengan peringatan 25 tahun Konferensi Asia Afrika.
    Setelah kunjungan kami dari gedung IPTEK kami melanjutkan ke Museum KAA sekitar pukul 09.00 WIB. Kami dipandu oleh seorang pemandu wisata di sana dari masuk sampai keluar, di dalam kami dijelaskan tentang sejarah gedung KAA secara rinci. Setelah masuk ke ruang inti (ruang rapat KAA) kami menonton film di ruang yang sudah di sediakan. Kurang lebih 2 jam kami di sana. Cukup banyak ilmu yang kami dapat meskipun waktunya sangat singkat.




Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Parahu atau Gunung Tangkuban Perahu adalah salah satu gunung yang terletak di ProvinsiJawa Barat, Indonesia. Sekitar 20 km ke arah utara Kota Bandung, dengan rimbun pohon pinus dan hamparan kebun teh di sekitarnya, Gunung Tangkuban Parahu mempunyai ketinggian setinggi 2.084 meter. Bentuk gunung ini adalah Stratovulcano dengan pusat erupsi yang berpindah dari timur ke barat. Jenis batuan yang dikeluarkan melalui letusan kebanyakan adalah lava dan sulfur, mineral yang dikeluarkan adalah sulfurbelerang, mineral yang dikeluarkan saat gunung tidak aktif adalah uap belerang. Daerah Gunung Tangkuban Perahu dikelola oleh Perum Perhutanan. Suhu rata-rata hariannya adalah 17 oC pada siang hari dan 2 oC pada malam hari.
    Setelah berkunjung dari KAA kami melanjutkan perjalanan kami ke objek wisata Gunung Tangkuban Parahu, kami sampai di sana kurang lebih pukul 14.30 WIB. Kami di sana bermain-main sambil melihat betapa indahnya ciptaan Allah SWT. Di sana kami berkeliling melihat-lihat sekitar kawah dan pastinya foto-foto.












    Cibaduyut




          Cibaduyut berada di daerah selatan Bandung kira-kira dari pusat kota sekitar 30 menit. Tepatnya berloaksi di Jl. Trs. Cibaduyut Raya, Bandung.
Inilah tempat yang kami kunjungi terakhir dalam perjalanan study tour kami. Di sinilah kami puas-puaskan untuk berbelanja. Waktu yang hanya 2 jam ini kami manfaatkan untuk jalan-jalan, melihat-lihat, membeli oleh-oleh atau sekedar menawar-nawar.
       Puas berbelanja kami mampir ke RM Simpang Raya terlebih dahulu untuk makan malam sebelum pulang. Dan akhirnya kami kembali ke kota Limpung pukul 21.30 WIB dan tiba di Limpung alhamdulillah saat adzan subuh berkumandang. Subhanallah wallahuakbar, Allahumma shalli’ala muhammad wa’ali muhammad.




















BAB VI

A.      Kesimpulan
Berdasarkan uraian sebelumnya dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut :
1.    Dengan Karya Wisata ini peserta dapat menambah pengetahuan dan wawasan.
2.    Siswa dapat menerapkan pembelajaran langsung ke objek dengan pendekatan kontekstual.

B.       Saran
Adapun saran-saran yang dapat penulis sampaikan adalah sebagai berikut :
1.    Sebaiknya study tour dilakukan setiap  2 semeter sekali agar lebih efektif
2.    Sebelum berangkat, persiapkan baik-baik apa saja yang dibutuhkan selama perjalanan.














Daftar Pustaka
http://www.sarjanaku.com/2012/12/pengertian-pendidikan-menurut-para-ahli.html
http://kel5-feareg.blogspot.com/2010/03/wisata-pendidikan.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Bandung
http://safrudiencliquers.blogspot.com/2011/06/makalah-tentang-musium-puspa-iptek.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Gedung_Merdeka
http://www.tripadvisor.co.id/Attraction_Review-g297704-d1010804-Reviews-Tangkuban_Perahu-Bandung_West_Java_Java.html
April 2011 Cibaduyut. http://bandung.jacktour.com/2011/04/cibaduyut.html
Halaman ini terakhir diubah pada 20.59, 2 Maret 2012. Pusat Peragaan Ilmu















Lampiran
    Biografi Penulis
   









Miftahudin, terlahir di kota Batang tanggal 4 Juli 1995. tinggal di desa Gumawang, dk Gumelem, kec. Pecalungan-Batang. Dia mempunyai satu saudara perempuan. Tingginya 60 cm, berat 51 kg. Hobinya dari kecil bermain rubik dan membaca buku. Bersekolah di MAM Limpung. Cita-citanya ingin menjadi pengusaha restoran yang sukses go to internasional.






















Rosyid Ibnaeni, dilahirkan di kota batang 17 tahun yang lalu, tinggal bersama keluarganya di desa Tersono kecamatan Tersono kabupaten Batang.hobinya dari kecil yaitu sepakbola ini sedang merampungkan studinya di MA Muhammadiyah Limpung, selain sepakbola dia juga sangat suka membaca. Mempunyai satu saudara yang sudah bekerja. Rosyid yang dari kecil menyukai perniagaan ini mempunyai cita-cita menjadi entruepreuner dan sebagai penulis.


















Tidak ada komentar:

Poskan Komentar